RIMBAWAN MENATAP MASA DEPAN

Krisis ekosistem hutan berdampak buruk pada keberlanjutan usaha dan aktifitas di bidang kehutanan. Dampak yang pasti menurunnya lapangan kerja yang bisa disediakan oleh sektor kehutanan. Salah satu fenomena berkurangnya daya serap dunia kehuatanan terhadap Sumberdaya Manusia (SDM) berlatar belakang ilmu dan skill kehutanan. Banyak sarjana kehutanan tidak punya lagi komitmen bertahan bekerja dan mengabdi di dunia kehutanan akibat lowongan kerja yang minim.

“Selama 1985-1997, kerusakan hutan di Indonesia mencapai 22,46 juta hektar. Artinya, rata-rata mencapai 1,6 juta hektar per tahun (Profesor Doktor Soekotjo, Guru Besar Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada (UGM). Demikian pemdapat pakar melihat modal kerja seorang rimbawan bekerja yang makin menyusut. Apalagi melihat kebijakan pemerintah daerah yang sulitdiharapkan dapat mempertahankan hutan untuk andalan pembangunan daerahnya.

Dengan kondisi di atas, apakah rimbawan, tulang punggung pelestarian hutan, akan menyerah dengan kondisi ini ? Apakah idealisme rimbawan hanya bisa lestari bila sang rimbawan bekerja sebagai Dosen Kehutanan, di Instansi Pemerintah Bidang Kehutanan, LSM Kehutanan atau politikus di komisi yang membidangi sektor kehutanan ? Lalu bagaimana rekan kita yang saat ini terlanjur menjadi Marketing Executive di Perusahaan Farmasi, Wirausahawan, Teller di Bank, Caleg, atau sekedar jadi Ibu Rumah Tangga, akan menghilang idealismenya ?
Tidak semudah itu menilai idealisme, sama halnya kita terheran-heran melihat banyak orang yang sama sekali tidak berlatar belakang kehutanan malah menjadi pahlawan lingkungan.

Mari kita renungkan…Eit tidak cukup merenung, mari ciptakan peluang sambil menunggu Karunia Tuhan dari doa-doa kita.

(bersambung)

Abu Haniyya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s