Menamam Pohon Budaya Menghidupkan Harapan

plant-a-treeMenanam pohon dapat memupuk kesadaran bahwa harapan itu masih ada. Tanpa pernah kita mengharap buah dari yang kita tanam, orang yang menanam pohon telah memberikan harapan baru bagi kehidupan lain. Tertancapnya bibit di atas tanah telah menempatkan penanamnya mendapat keberkahan dan doa dari makhluk yang terlindungi oleh pohon.

Semut, cacing, jamur, mikroorganisme tanah, burung dan semua makhluk semua bertasbih dan memohonkan ampuanan pada penanam pohon yang memberi harapan hidup bagi mereka. Sang penanam seolah tak peduli bahkan apakah besok dia masih ada umur atau tidak. Dia yakin menanam adalah sebuah amal tanpa ada penghargaan dari manusia tapi dari Penumbuh Kehidupan, Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa.

Masihkah kita enggan menanam, menengok tanaman kita atau bahkan tak mau rumah kita disesaki tanaman. Padahal Tuhan sudah menyuruh manusia menanam melalui Sabda Rasul-Nya. “Seandainya esok kiamat sedang ditanganmu tergenggam sebutir benih, maka segera tanamlah”

Mari menanam untuk memberi harapan, khususnya bagi negeri kita. Bangkit Negeriku…dengan menanam, harapan selalu ada.

2 responses to “Menamam Pohon Budaya Menghidupkan Harapan

  1. Assalamualaikum wr,wb

    filosofi hidup pohon juga harus ditiru manusia pak… semakin tinggi pohon semakin banyak ia memberi manfaat untuk manusia. baik untuk tempat berteduh maupun sebagai pencegah erosi…

    • Betul…pohon harus jadi teladan bagi manusia. Ingat pesan guru kita dulu…”Perumpaan kalimat (perkataan dan perilaku) yang baik seperti pohon yang baik/berkualitas.” Akarnya menancap kuat, batangnya kokoh, daunnya rindang dan buahnya lebat. Semua memberri manfaat baik bagi tanah (pencegah erosi, tempat hidup makhluk kecil, dll), pelin dung lingkungan dari iklim ekstrim dan penghasil oksigen, serta memberi penghidupan dari kayunya dan hasil non kayunya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s