MEMBANGUN TIM

Tim sering disebut-sebut ketika sekelompok orang berkumpul untuk mencapai satu tujuan yang sama. Tim sepak bola merupakan kumpulan orang-orang yang terdiri dari manajer, pelatih, pemain dan official lain yang bekerja keras untuk membawa tim-nya berprestasi gemilang. Kumpulan orang-orang dalam tim mempunyai tugas dan tanggung jawab yang jelas, saling percaya, bekerja sama dan punya komitmen memajukan tim Di dalam tim terdapat aturan dan disiplin yang jelas sebagai rambu menghindari kesimpangsiuran kerja dan membuat kerja tim lebih efisien dan efektif. Maka tim yang baik haruslah tercakup semuanya dalam sata kalimat yaitu : Together Everyone Achieve More. Setiap orang dalam tim bersama-sama bekerja untuk berprestasi lebih.

Keunggulan tim tidak tergantung pada skill dan kelebihan salah satu anggota tim. Tim hebat bukan karena pemimpinnya jenius dan kuat. Bahkan manajemen tim yang canggih bukanlah kontributor menentukan bagi tim. Keberhasilan tim adalah keberhasilan seluruh kompomen tim. Maka ketika tim mencapai prestasi kata yang layak diucapkan adalah “kami sendiri yang melakukannya”

Seorang psikolog mengatakan,”Dua orang saja sudah dapat dikatakan tim, bukankah kehadiran kita di dunia ini sebagai akibat dari kerja tim bergairah?”

“Kalau pasukan disatukan, yang berani tidak dapat maju sendirian dan yang pengecut tidak bisa mundur” (Sun Tzu)

Bogor, 25 Agustus 2005
Achmad Siddik Thoha
siddikthoha@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s