MULAI DARI AWAL

Sebuah kata yang menggambarkan keinginan berbuat setelah mengalami masa-masa sulit dan beberapa kegagalan masa lalu. Bangkit kembali dari kejatuhan usaha. Membangun tekad kembali mewujudkan kesuksesan yang tertunda. Memulai kembali usaha meraih sukses dengan kondisi yang lebih matang, tahu celah kesalahan dan lebih berhati-hati dan lebih berani menghadapi tantangan yang menghadang.

Bagi seorang pengembara, mulai dari awal laksana menemukan jalan awal ketika memasuki rimba yang dahulu membuatnya tersesat. Ketika jalan masuk yang telah diingatnya diketemukan kembali, dan pengembara akan lebih berhati-hati mengamati persimpangan jalan yang bisa membuatnya tersesat kembali. Begitu pula dengan rintangan yang ada di depannya, dia telah tahu betul bagaimana melewatinya. Dia bahkan akan menemukan jalan baru yang membuatnya terhindar dari jalan yang menyesatkannya dahulu. Bahkan dengan jalan baru tersebut, dia berharap akan segera tiba di tujuan.

Memulai sesuatu dari awal, bukan berarti tanpa bekal apa pun atau mulai dari 0. Memulai dari awal lebih bijak dimaknai dengan mengulangi sebuah perjalanan yang lebih benar caranya dan efektif upayanya. Bahkan mulai dari awal merupakan keinginan memurnikan niat dan proses perjalanan menempuh sebuah cita-cita yang tertunda. Terpancar harapan, bahwa memulai dari awal, akan mengokohkan kembali dan takkan gagal lagi meraih kesuksesan yang dicita-citakan.

Bila perlu, kita harus membakar jembatan yang telah kita lalui agar tak pernah ada kata mundur dan kembali ke tempat awal lagi. Atau kita membakar kapal kita agar tak ada peluang kita melihat kegagalan masa lalu yang membuat takut dan menggagalkan kemenangan kita.

Wallahu’a’lam
Bogor, 14 Agustus 2005

Achmad Siddik Thoha
siddikthoha@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s