HIKMAH-HIKMAH DARI POHON (BAGIAN II)

HIKMAH-HIKMAH POHON (BAGIAN II)


HIKMAH 6

Contohlah POHON. Ia membiarkan binatang mengambil dan memakan buah-buahnya. Namun Ia bisa tumbuh dimana-mana karena ternyata para binatang itu menyebarkan biji ke berbagai tempat. Belajarlah dari POHON, memberi yang terbaik tanpa banyak berharap, namun ternyata PEMBERIAN-nya menyebarkan kebaikan di berbagai tempat
HIKMAH 7
Contohlah POHON. Kala ia hidup di lingkungan yang tidak iinginkan. Ia hidup di tempat yang penuh debu, asap beracun dan bau tak sedap. Namun POHON Kokoh bertahan hidup bahkan ia MEMBERI wewangian lewat bunganya, menyerap racun dan debu serta menebar oksigen yang menyegarkan. Belajarlah dari POHON, terpaan lingkungan yang tidak kondusif bahkan makin mengokohkan dan meningkatkan diri menjadi PENYEBAR Kebajikan.
HIKMAH 8
Belajar dari POHON, Menggugurkan/memberikan daun-daunnnya untuk menyuburkan tanah, membantu menyerap air dan mengurangi tekanan kekeringan pada dirinya. Manusia perlu MEMBERI/BER-INFAQ untuk menyuburkan jiwanya, mendatangkan keberkahan bagi hartanya dan menghindari bencana yang akan datang padanya.


HIMAH 9

Belajar dari POHON BESAR. Tajuk pohon besar yang lebar dan menjulang melindungi tumbuhan yang dalam naungannya dari teriknya matahari, terpaan butiran hujan, dan hempasa angin kencang serta berbagi cahaya dan air dengan lingkungannya. Manusia yang BESAR adalah yang berjiwa BESAR untuk MENGAYOMI bila mempunyai KEKUATAN dan BERBAGI bila mempunyai KELEBIHAN.


HIKMAH 10

Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit, pohon itu memberikan buahnya pada setiap musim dengan seizin Tuhannya. Allah membuat perumpamaan-perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat. (Ibrahim/14: 24-25).
HIMAH 11
Dan perumpamaan kalimat yang buruk seperti pohon yang buruk, yang telah dicabut dengan akar-akarnya dari permukaan bumi; tidak dapat tetap (tegak) sedikitpun. (Ibrahim/14:26)

Wallahu’a’lam

Achmad Siddik Thoha

Medan

achmadsiddik@hotmail.com

4 responses to “HIKMAH-HIKMAH DARI POHON (BAGIAN II)

  1. ternyata..pohon tuh have hikmah yang sangat besar….
    cukupkah kita hanya tau hikmahnya ja…tapi tidak melestarikannya..???
    kalau memang tau hikah sebuah pohon kenapa misalnya sebuah pohon langsung ditebang jika mengganggu kabel listri…buka hanya memotong cabang nya saja????
    atau dedaunan pohon yang mengganggu…kalau kita tau polusi sangat banyak kenapa kita kurang aktiv dalam gerakan menanam pohon ,,selain itu benih pohon gratis kok????
    …………

    • Betul sdr siska….yang lebih sulit adalah membudayakan orang cinta tanaman dan menanam. Pohon sering jadi korban untuk kepentingan sesaat. Kenapa orang menanam pohon namun belum begitu memberi manfaat banyak sudah ditebang. Padahal Betapa Agung nya Tuhan mencaiptakan makhluk bernama Pohon yang penuh hikmah.

      Thanks tambahannya

      Salam Lestari

  2. situs ini sngat bgus…..! tpi seandainya disisipi bhn ajar lain spt biologi atw yn brhub dng blg, kmia,dll,mnkn lbh bk …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s