THE POWER OF ROOT 3

Pernahkah kita melihat pohon yang ditebang dan yang tersisa hanya tunggulnya. Tak lama kemudian dari sisi tunggul muncul tunas-tunas segar. Lama kelamaan tunas itu membesar membentuk batang dan cabang baru. Sebuah fenoma luar biasa dari daya tahan pohon.

Apa rahasia dibalik “hidup” kembalinya pohon setelah “mati” ditebang ? Akar lah yang membuat tunas kembali mucul dan kemudian berkembang menjadi sosok pohon yang sempurna. Tanpa akar yang tersisa di pohon, tak mungkin tunas kembali muncul. Akar lah yang tetap loyal dan komitmen menjalankan tugasnya untuk menumbuhkan tunas baru, menyalurkan nutrisi dan air ke bagian tanaman lain dan mengokohkan tubuh pohon.

Selama akar masih bisa menyerap air di dalam tanah. Semasih akar bisa menghirup oksigen di dalam tanah. Selama tubuh pokok akar tidak terpenggal. Maka pastikan pohon tidak akan mati.

Bila akar manusia adalah iman. Maka selebar apa pun luka masalah yang dialami, seperih apa pun sakit ujian yang terasa,  seberat apa pun beban hidup yang menimpa. Iman yang kokoh akan menghidupkan kembali jiwa dan raga yang hampir mati.

Semasih iman masih mau menyerap petunjuk-Nya, selagi Iaman memancarkan aliran amal kepada lingkungannya dan iman yang senantiasa kokoh dalam memegang perintah dan larangan-nYa. Maka Tunas-tunas harapan senantiasa akan tumbuh dan berkembang hingga jatidiri kembali seperti semula. Bahkan bukan tidak mungkin jatidiri baru yang terbentuk lebih baik dari diri sebelumnya.

Sungguh luar biasa manusia yang terus memperkokoh imannya.

Achmad Siddik Thoha

achmadsiddik@hotmail.com

081514297728

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s